Jumat, 11 Januari 2013

Kau mencuri hatiku...

Pernah ga kalian merasakan tiba-tiba suka sama seseorang?
Tiba-tiba kamu bilang dalam hati, "ko aku jadi kepikiran sama dia ya?"
Seolah-olah mata kamu jadi terbuka buat dia, pikiran kamu tertuju padanya, dan kamu ga bisa berhenti.

Setelah aku pikir-pikir, sebenernya itu bukan terjadi secara tiba-tiba. Bukan blekkk tiba-tiba suka dia.
Itu bukan blek tiba-tiba kepikiran dia. Tapi sebenernya itu udah melalui proses terlebih dahulu.

Tanpa kita sadari, mungkin perlahan-lahan kita udah buka hati kita buat dia.
Saat sekali liat dia. Dua kali. Tiga kali. Awalnya biasa aja. Mungkin bisa jadi tetep biasa. Ato juga mungkin jadi ga biasa.
Saat sms pertama. Sms kedua. Sms ketiga yang sebenernya juga cuma nanya hal lain yang gada kaitannya dengan cintrong.
Intinya, pertemuan-pertemuan dengan dia, pengalaman-pengalaman dengan dia ato melihat dia dari kata orang aja bisa membuat kita tanpa kita sadari jadi suka sama dia.
Ya, tapi ga tiba-tiba aja. Ada proses.

Cinta pada pandangan pertama? Mungkin ada. Aku belum merasakannya. Kalo nge-fans sih iya pernah langsung pada pandangan pertama (keknya). Tapi kalo mau jadi beneran suka harus ditambah tau sikapnya dia, dllnya dia.

Trus poin dari tulisan ini apa? Hahaha. Maaf sodara. Yang di atas adalah pembukaannya. Maaf kalo kepanjangan. Itu supaya gampang mengilustrasikannya.

Jadi gini.
Misal pada awalnya hati kita memang sangat mengasihi Tuhan. Ga ada yang lain selain Tuhan. Tuhan yang pertama dan terutama. Kita begitu mengasihi Dia. Kita merindukanNya, mencariNya di waktu-waktu saat teduh, waktu doa, waktu ibadah, bahkan di setiap waktu. Hati kita dipenuhi kasihNya, kerinduanNya. Yang ingin kita lakukan hanyalah menyenangkanNya. Dan kita pun memang melakukan kehendakNya.

Namun, sodara yang tercintrong. Pernah ga kalian sadari? Tiba-tiba di suatu titik kalian merasa udah ga terbakar-bakar lagi untuk Tuhan? Udah ga punya cinta yang membara lagi untuk Tuhan? Udah males melakukan kehendakNya? Udah ga punya hati lagi seperti hatiNya dan bahkan hati kita dipenuhi oleh keinginan pribadi dan keinginan dunia ini?

What I want to say is, itu semua ga terjadi tiba-tiba sodara.

Itu udah melalui proses. Proses yang mungkin pada awalnya ga kita sadari.
Kita ga sadar membuka pelan-pelan hati kita untuk hal yang lain, selain Yesus. Hal lain itu adalah segala sesuatu yang dunia tawarkan. Hal-hal yang bisa mengambil tempat pertama di hati kita.

Hal-hal itu bisa banyak. Bisa beda untuk setiap orang. Misal hal itu bisa jadi uang untuk A, tapi B bukan uang, tapi B misal kesenangan lainnya.

Tanpa kita sadari, awalnya ya cuma iseng aja liat-liat video klip dan pelem-pelem korea/hollywood.
Kesan awal : "oh", "cukup rame", "liat lagi ah", "ih rame banget, ada yang lainnya ga?"
Sampe akhirnya kita suka. Suka. Suka banget. Kepikiran terus. Ketagihan.
Awalnya cuma iseng liat video klipnya, trus penasaran sama siapa personelnya, cari biodatanya, cari video artis itu di variety show. Trus liat pelem korea, "ih rame", kepikiran, dan sampe ngebayangin ceritanya dan bahkan buat cerita sendiri untuk dikarang sebelum tidur.

Haha. Sebagian di atas saya yang ngalamin. Sebenernya dibanding temen2 saya yang emang bener2 pecinta korea entertainment, saya mah masih jauuuuhhh. Cuma itu sodara. Setiap orang punya takaran masing-masing dan yang tau adalah kita sendiri. Jadi jangan disamain. Bukan berarti ga boleh samsek juga sih, asal tau batasan aja. Asal jangan hal itu sampe menguasai hati dan pikiran kita. Tapi untuk yang takut kalo jadi ketagihan, mendingan jangan memulai. Hahaha.

Bagi saya, walau cuma liat mungkin ga banyak-banyak amat, tapi saya mah orangnya kepikiran. Dan tanpa saya sadari, saya sudah menyukai itu semua. Dan pada akhirnya saya temukan, bahwa hati saya udah ga se-menyala kek dulu. Saya temukan tanpa saya sadari, itu semua udah cukup menggeser fokus saya kepada Allah.

Nah kalo kamu apa? Hal yang menyenangkan seperti nonton film Hollywood, Bollywood, K-Pop? Kesenangan untuk tidur dan bermalas-malasan? Kecintaan akan uang? Kecintaan akan seorang pria yang membuat kita menomorduakan Tuhan? Kecintaan akan seorang wanita yang membuat kita menomorduakan Tuhan? Kecintaan akan jabatan? Kesenangan akan puji-pujian dari orang lain untuk kita?

Waktu saya menyukai kpop dan dramanya itu, saya memang masih tetep rajin saat teduh, PD, kebaktian, dll.  Tapi saya tau hati saya sudah mulai berubah. Dan saya tau, kalo itu dibiarin, mungkin saya bisa jadi masuk ke tahap yang bener2 udah males yang namanya sate, PD, kebaktian, dan yang penting melakukan kesenangan saya.

Kamu ada di mana?

  1. Hati yang terfokus pada Allah. Menjadikan Dia yang terutama. Di sini bukan berarti yang lain bener2 ga boleh juga maksudnya. Kamu sendiri yang taulah. Kalo itu jadi menguasaimu dan menggeser hatimu jangan memulai deh.
  2. Hati yang udah mulai berubah. Kamu masih rajin sate, PD, kebaktian. Tapi kamu tau dalam hatimu kalo kamu udah berubah. Fokus pada Yesus mulai bergeser.
  3. Hati yang menjauh dari Tuhan. Meninggalkan Tuhan dan hidup dalam kesenangan pribadi.

Kalo kamu dalam posisi 1 : terus cari Tuhan, jangan buka celah untuk hal lain menarik perhatianmu lebih daripada Yesus.
Kalo kamu dalam posisi 2 dan 3 : kita harus bertobat, minta ampun sama Tuhan, menutup semua cela, meninggalkan hal-hal yang menyenangkan itu jika hal itu udah membuat kita melupakan Tuhan dan mengubah hati kita. Lalu, kembalilah pada kasih mula-mula.

-Jangan biarkan hal lain mencuri hati kita karena hati kita seutuhnya milik Tuhan Yesus.-


0 komentar:

Posting Komentar