Kamis, 04 Oktober 2012

TEKNIK INDUSTRI (Part 1)

Tulisan ini di inspirasi ketika tadi saya liat lagi tulisan TEKNIK INDUSTRI di gedung Tek. Industri ITB pas di angkot. Kalo kamu naik angkot di depan BATAN, kamu bisa liat gedung ini beserta tulisannya.

Entah mengapa, saat saya baca tulisan itu, tulisan itu terbayang terus di kepala saya dan membuat saya ingin bercerita mengenai gimana saya masuk Teknik Industri (TI), gimana kehidupan saya di TI, dan gimana usaha saya sekarang untuk keluar alias lulus dari TI ini.

Cerita Masuk Teknik Industri ITB

Pas kelas 3 SMA, pembicaraan mengenai mau masuk kampus mana, jurusan mana sudah bergema di seantero sekolah *lebay*. Saya mulai memikirkan mau masuk mana dengan serius itu semenjak saya les di Ganesha Operation  (GO) pas kelas 3 karena harus ngisi pilihan di kertas Try Out (TO). Saya mulai memikirkan kembali apa yang saya cita-citakan, apa yang saya sukai, apa yang saya inginkan, dan apa yang Indonesia butuhkan *ini serius*.

Saya mulai dengan cita-cita saya. Waktu dulu saya ingin jadi dokter. Alasannya begini. Waktu saya kecil saya suka nonton acara2 yang semacam peduli kasih gtu *saya lupa nama acara sesungguhnya*. Di acara itu, saya sering lihat banyak anak2 yang mengalami busung lapar, hydrocephalus, dan penyakit2 lainnya. Kebanyakan yang mengalami itu semua orang miskin dan di pedalaman. Hati saya sedih setiap liat itu. Maka di hati saya timbul keinginan untuk menjadi dokter yang OK dan pergi ke pedalaman untuk mengobati orang2 itu semua. Saya ingin ke Papua waktu itu.
Gambar 1. Busung lapar dan hydrocephalus

Gambar 2. Jarum Suntik
Seiring berjalannya waktu, entah mengapa timbul di pikiran saya kek gini :
Kalo saya jadi dokter, orang yang bisa saya tolong di sana cuma beberapa orang aja. Kenapa saya engga jadi pengusaha aja yang punya banyak uang, terus saya bisa kirim banyak dokter ke sana. Jadi orang yang bisa saya tolong lebih banyak kalo saya jadi pengusaha dibanding jadi dokter itu sendiri.
Itulah yang ada di pikiran saya waktu itu. Keinginan menjadi dokter juga semakin sirna karena saya takut jarum suntik dan juga biaya yang mahal. Saya berpikir masih ada dua adik saya yang perlu dibiayain buat sekolah. Selain itu, waktu sekolah menjadi dokter yang lama *7 tahun katanya* mengurungkan niat saya untuk jadi dokter. OK, cita-cita jadi dokter saya coret, cita-cita jadi pengusaha mulai terpikirkan di benak saya. 


 Gambar 3. Dokter Vs. Business Woman

Lalu saya berpikir lagi sebenernya apa sih yang suka. Saya berpikir mengenai pelajaran yang saya suka. Saya sangat suka pelajaran matematika. Dari SD sampe SMA saya juga banyak ikut lomba2 matematika gtu. Terus, Biologi juga suka. Dan di masa-masa kelas 3 SMA, saya juga sedang menggandrungi yang namanya Astronomi. Jadi, waktu SMA juga, selain ikut olim matematika, saya di minta guru saya ikut olim Astronomi. FYI, di sekolah saya, Pribadi Advanced School/Pribadi Bilingual School Bandung, kami sudah di buat timnya masing2 untuk olimpiade tertentu, ada tim olim Kimia, olim Matematika, olim Biologi, olim Komputer, dan olim Fisika. Sebenernya di sekolah saya itu, ga ada tim olim Astronomi. Di tahun sebelumnya sekolah kami juga ga ikutan olim Astro. Nah saya itu sebenernya ikut tim matematikanya. Nah, tapi saya tiba2 dipanggil sama guru saya supaya ikutan olim Astro juga waktu itu supaya ada perwakilan sekolah *panjanglah ceritanya*. Saya waktu itu dikasi tau kalo ga salah 2 minggu sblum olimnya. Karena tim ini sebenernya ga ada, jadi ga ada guru yang benar2 melatih kami, kami meminta bantuan dari guru yang ngajar olim Fisika, tapi banyaknya baca buku dan belajar sendiri. Di masa itu juga semua lagi pada hectic nyiapin olimpiade masing2. 

Singkatnya, di masa itulah saya menyukai yang namanya astronomi. Entah mengapa saya semangat kali belajar astro, dibanding matematika (mungkin karena astro sesuatu yang baru, matematika udah sering liat, dan kadang merasa pesimis juga sih di matematika, udah kebanyakan yang jagoo, salah satunya temen saya yang akhirnya sampe ke tahap Internasional booo. Saya bangga kali dengan dia, dan saya tau saya mah jauh. Saya sih seneng dgn matematika, rame aja kalo belajarnya, tapi emang susah rasanya di olim matematika. Hahaha. Waktu itu meski gada yg ngajarin bgt, saya lahap tuh buku2 ttg astro, fisika, b. inggris, dll. Jadi kalo olim astro itu gabungan gtu sodara2, ada matematikanya, fisikanya, kimianya, bahasa inggrisnya, dan tentu astronominya. Duh tau ga kamu, saya seneng bgt waktu itu belajar Astro. Saya hafalin tuh semua nama2 satelit Jupiter, jarak bulan ke bumi, jarak matahari ke bumi, rumus gaya tarik di antara 2 planet, saya hafal bener ukuran bulan waktu itu, saya tau nama2 komet, galaksi, semuanya lah. Dan itu rame bgt sodara.
 Gambar 4. Matematika dan Astronomi

Saya suka matematika dan astronomi --> jurusan yang terpikirkan adalah Jurusan Matematika atau Jurusan Astronomi ITB --> FMIPA ITB.

Lanjut lagi, dulu saya juga terpikirkan mau ambil Teknik Lingkungan. Jurusan ini sih kata bapa dan kaka saya, soalnya dulu kaka saya pilihan pertamanya Teknik Lingkungan (TL) ITB, tapi kaka saya jadinya masuk Kimia Unpad. Katanya bagus. Saya jadi mulai memikirkan TL. Saya suka lingkungan. Ada hubungannya juga dengan Biologi yang saya sukai juga. Terus waktu itu ada acara sekolah saya kita ke Dufan. Pas di jalan, waktu lewat daerah kawasan industri, awannya di sana gelap. Saya berpikir, mmm, lingkungan harus dijaga dan diselamatkan. Indonesia yang indah harus dijaga Wah bagus nih TL. Saya berminat ambil Teknik Lingkungan ITB --> FTSL ITB.

Saya masih belum yakin. Keinginan menjadi pengusaha masih ada. Terus saya mulai tanya2 tentang Teknik Industri, soalnya di sana belajar tentang entrepreneur juga katanya. Pokonya yang saya tangkep di sana belajar banyak pelajaran. Matematikanya juga tinggi *sampe kalkulus 3 coy, sedang yang lain cuma sampe kalkulus 2*, gada fisikanya katanya *saya ga suka fisika*, belajar manajemen juga, keuangan, bisnis, dan masih banyak lagi deh. Wah saya semakin tertarik dengan TI, karena saya suka banyak hal, dan TI belajar banyak hal. Jurusan ini dapat memfasilitasi keinginan jadi pengusaha dan kesukaan akan matematika. Itu pikiran saya waktu itu. Hal yang buat saya terlebih lagi ingin masuk TI adalah ingin buat lapangan pekerjaan sendiri untuk mengurang tingkat penggangguran di Indonesia. Saya ingin memajukan industri Indonesia dan membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi. Begitu indahnya pemikiran saya waktu itu *itu masih ada di pikiran saya sampe skrang*. Jadi pilihannnya Teknik Industri --> FTI ITB.

Oke jadi list-nya sekarang ada :
1. FTI ITB (Tek. Industri)
2. FTSL ITB (Tek. Lingkungan)
3. FMIPA ITB (Matematika & Astronomi)

Saya mau ikutan SPMB yang IPC, jadi boleh 3 pilihan, tapi salah satu pilihan harus ada IPSnya, sedang 3 list yang tadi IPA semua. Harus ada yang dicoret.

Keinginan masuk TI dan TL semakin kuat. Saya pikir, kesukaan saya akan matematika dapat difasilitasi di TI, jadi saya coret Matematika. Kalo Astro saya kurang mendapat dukungan dari keluarga.
Jadilah saya tinggal FTI dan FTSL, tpi saya sempat khawatir, soalnya FTI passing grade-nya tinggi bgt (PG:60-an), FTSL juga cukup tinggi (PG:42-45), jadi saya pikir apa FMIPA (PG : 35an kalo ga salah waktu itu di GO) aja pilihan 2 ya supaya lebih aman. Saya takut berisiko. Karena saya cuma punya pilihan masuk kuliah lewat jalur SNMPTN, ga dikasih buat ikutan USM ato ujian khusus lainnya. Sebenernya ada opsi lain yaitu FTSL dan FMIPA katanya supaya aman. Tapi saya ingin tetep TI juga. Jadi, saya ambil risiko, dan saya belajar lebih keras lagi untuk itu. Pilihan 3 nya saya waktu itu pilih Manajemen Unpad.

Sebenernya waktu itu juga saya ikut 2 kali psikotes yang ngasi tau saya itu cocoknya apa. Yang pertama yang ada di GO, yang kedua di sekolah. Waktu itu hasilnya kalo ga salah ada dokter, Teknik Perminyakan, Teknik Sipil, sama apa gtu, dan yang paling saya inget sih ada designer-nya. Ya, saya sempet ingin jadi desainer baju. Tapi itu langsung saya cancel. Saya juga tahu di TI belajar desain juga *walau bukan baju*, jadi saya ga pilih desainer, kan di TI udah belajar desain.

O ya di saat menimbang2 dan memikirkan itu semua, saya memulai dengan doa dan meminta Tuhan yang bimbing saya ketika saya sedang berpikir. Hingga waktunya saat itu saya isi formulir SNMPTN karena bsoknya mau dikumpulin, saya inget sebelum mulai ngisi saya berdoa, saya deg2an juga, cuma saya sudah berdoa dan bertanya sama Tuhan apa yang saya harus ambil, hingga saya yakin untuk ambil pilihan sebagai berikut.

Pilihan 1 : FTI ITB
Pilihan 2 : FTSL ITB
Pilihan 3 : Manajemen Unpad

Saya berharap pada Tuhan. Saya belajar lebih keras dan mengandalkan Dia dalam segala perkara. Di masa kelas 3, terutama semester 2nya, saya suka yang namanya belajar. Saya senang setiap ikutan TO, saya semangat les, saya semangat latihan soal, saya jadi ngerti kaitan pelajaran yang satu dengan yang lain karena di masa itu saya belajar semua pelajaran dari kelas 1-3. Di masa itu saya tidur jam 11 dan bangun jam 3 pagi. Saya senang belajar di masa itu. Hasil TO saya juga memuaskan, terus meningkat, dan sampai saya lulus di pilihan 1 saya terus.

Hingga di masa SNMPTN hari pertama saya ingat, 15 menit pertama ujian saya ga bisa fokus. Entah mengapa. Mungkin karena terlalu tegang, padahal saya sudah sering latihan soal dan latihan mental *sering ikut TO*. Tapi puji Tuhan, akhirnya saya bisa fokus dan mengerjakannya. Selesai ujian di hari pertama, saya langsung nangis n nelpon kk saya. Pikiran saya udah negatif :
  • gimana kalo saya ga lulus? saya ga kuliah, saya harus ngulang taun depan
  • gimana nanti bapa?
  • apa kata orang? katanya dari kecil suka ranking, suka lomba tapi ga lolos SNMPTN, nanti saya harus gimana?
  • setaun saya ngapain?
Tapi saya berhenti memikirkan apa yang udah terjadi dan fokus lagi untuk hari ke-2. Saya belajar dan berserah sama Tuhan. Hari kedua SNMPTN saya lewati dengan maksimal mungkin.
Hingga detik2 pengumaman SNMPTN. Saya waktu itu gada inet. Jadi saya titip temen saya, Pudy dan Anissa untuk liatin. Dan mereka SMS saya masuk FTI ITB. Puji Tuhan. Saya cuma bisa mengucap syukur atas kebaikan-Nya.

Eits, bagian ini belum selese sodara. Karena belum tentu sesudah masuk FTI ITB saya bisa masuk TI sodara. Karena setelah masuk, kita pilih lagi jurusannya. Di FTI itu ada T. Kimia, T. Fisika, dan T. Industri. Kita disuru pilih lagi, jurusan yang kita masuki bergantung sama pilihan kita, nilai IPK TPB, sama kuota di jurusan. Dan sampaiiiiiiii akhirnyaaaaaaaaaaa, THX GOD saya masuk Teknik Industri ITB.

 Gambar 5. Teknik Industri ITB

Untuk kisah tentang apa itu TI, ttg kehidupan saya di TI, dan status saya dalam mnyelesaikan studi saya di TI akan dibahas di part berikutnya yaaa...

4 komentar:

  1. hai ka nella, aku shinta. Aku lagi berusaha buat masuk FTI ITB buat sbm 2019. jujur, aku takut..apalagi FTI itu tinggi banget pg nya.. tp setelah liat pperjalanan kak Nella, aku jadi semakin semangat dan percaya sama Tuhan kalo aku pasti bisa masuk FTI. Doain aku ya kak, 2019 aku nyusul jadi maba FTI ITB 2019 :) terimakasih untuk kesaksiannya kak..GBU :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo dek. Moon maap baru baca banget komennya. Makasi ya udah baca dan komen. Jadinya sekarang gimana dek? Gbu

      Hapus
  2. apa benar ti gaada fisikanya ? saya suka matematika dan fisika. saya sudah ambil ti. nah, saya itu tertarik sama pembelajaran ti karna memikirkan suatu sistem bagaimana supaya efektif efisien. hanya ingin memastikan, apa iya gaada fisikanya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Airin. Maap baru baca komennya. Makasi ya sebelumnya udah baca dan komen. Seperti di tulisan di atas, aku diawal2 dapet info katanya di Teknik Industri gada fisika (sebelum masuk Teknik Industri), tetapi setelah masuk jurusannya Fisika itu ada. Di ITB di tingkat 1/TPB (hampir semua fakultas) ada fisika dasarnya. Jadi memang ada fisika-nya, setelah masuk Teknik Industri pun ada beberapa matkul yang berhubungan dengan Fisika. Tapi porsinya mungkin ga sebanyak itu dibanding jurusan2 tertentu. Tadinya mau bikin Part 2 nya utk bahas lebih dalam Teknik Industri termasuk matkul2 kuliah yg aku ambil, tapi sampai sekarang part 2 nya belum ada. Terima kasih ya Airin.

      Hapus