Selasa, 05 Februari 2013

KECOAK!!!

Oke..cerita ini bermulai dari kecoa.
Pada dasarnya saya takut, geuleuh, jijigz, amit-amit, anti, dan semua kata lain yang memiliki maksud kek gitu lah yaaa. Ini emang udah dari kecil. Kalo liat ada kecoa di kamar mandi pas malem n kebelet pengen pipis n gada orang yang bisa dimintain tolong buat matiin kecoa, saya bakal nahan sampe pagi.
Kalo ada kecewa lewat saya takut. Apalagi kalo posisinya di atas, saya takut banget dia *kata ganti kecoa* nanti terbang. Dia juga bisa bergerak cepat. Plus baunya kecoa yang ASTAGAH. Yah, dan ada beberapa pengalaman buruk dengan kecoa, dan saya inginnya ga punya pengalaman lagi dengan kecoa.

Saking saya takutnya dan ingin berani sama kecoa, saya, adalah ya dua kali, mimpiin kecoa yang setting ceritanya saya ada di kamar mandi dengan banyak kecoa. Di mimpi itu saya berani menghadapi kecoa2 itu. Saya tangkepin mereka dengan tangan saya sendiri. Brutal. Haha. Ya sampe segitunya lah.

Tapi inti ceritanya bukan tentang kecoanya sih. Jadi gini.

Karena saya takut kecoa saya berdoa sama Tuhan untuk jagain kamar saya. Saya berdoa sama Tuhan supaya gada hewan aneh masuk kamar kosan saya, kek laba-laba, ato apa gitu, dan terutama kecoa. Intinya saya minta banget, jangan ada kecoa di kamar saya.

Saya inget lagi sampe suatu malem, saya kebangun karna denger suara2 bergerak2 di keresek di kamar saya. Saya ga berani. Saya tersadarkan diri dan sampe saatnya jam saat teduh. Saya saat teduh sambil was2 melihat2 ke arah keresek itu. Saya berdoa di sate saya itu, "supaya ga ada lagi kecoa di kamar saya dan diberi keberanian sama kecoa", dan juga berani buat saya matiin kecoa yang saya kira ada di keresek itu.

Selese dari sate, akhirnya saya memberanikan diri melihat/membongkar keresek itu. Tapi yang aneh ga ada kecoak itu. Padahal semaleman saya ga bisa tidur karena bunyi2 itu. Dalam hati saya "apa udah ilang gitu?".

Nah, di malam sebelum saya berdoa gitu, saya pengen beli baygon semprot. Jadi kalo ada kejadian kek gitu, saya bisa semprot tuh kecoa. Minimal dapat memperlambat geraknya dan buat dia puyeng trus gampang dimatiin. Nah setelah kejadian pagi di mana saya ga bisa nemuin kecoa itu, jam 8an gitu kan saya mau ke indomart.

Pas di indomart, saya teringat baygon. Niat hati mau beli karena semalem juga udah pengen punya. Tapi pas di indomart saya kek diingetin lagi. Intinya kek gini:
"ngapain punya baygon? baygon kan antisipasi buat kalo ada kecoa. Tapi kan tadi pagi kamu udah berdoa supaya ga ada kecoa lagi masuk kamar kamu? jadi ya berarti ga akan ada kecoa. Jadi ngapain beli baygon?"

Sadar ga sih terkadang kita gitu? Berdoa untuk suatu hal, tapi menyediakan jawaban sendiri untuk doa itu. Akhirnya saya ga jadilah beli baygon itu. Saya cuma bilang di dalam hati saya "Oke Tuhan, aku ga beli baygon, tapi kalo sampe ada kecoa di kamar aku berarti aku nanti beli baygon".

Seingat saya, sampai saya tinggal di kamar itu ga ada kecoa lagi deh. Nah bulan Desember itu saya kan pindah kamar ke kamar di sebelah saya yang semula. Waktu saya nempatin kamar saya yang sekarang juga saya udah berdoa ke Tuhan untuk jagain kamar saya dari kecoa2 itu.

Sampe beberapa hari yang lalu saya yakin saya liat kecoa. Saya takut, teriak, dan langsung keluar kamar. Saya udah minta baygon ke temen saya dan mau bantuin matiin tuh kecoa juga. Tapi entah mengapa kecoa itu hilang dan tak muncul.

HINGGA TIBALAH AKHIRNYA DI PAGI INI...

Saya tadi tidur cepet. Jam 12 an kebangun tapi tidur lagi. Terus saya bener2 kebangun liat ada kecoa yang udah kebalik sih di deket colokan listrik. Saya pengennya tidur lagi sebenernya, tapi entah mengapa saya akhirnya bangun juga.

Saya sempet bilang gini dalam hati "Tuhan kenapa ada kecoa? Kenapa Tuhan biarin kecoa itu masuk? Aku kan udah berdoa dan udah ga beli baygon sampe sekarang?"

Tapi ga tau kenapa, hati saya langsung bilang gini "Baru aja sekali Tuhan seolah2 ingkar janji, kamu udah protes. Coba udah berapa kali kamu ingkar janji sama Tuhan tapi Tuhan tetep setia sama kamu?"

Saya pun teringat dengan janji-janji saya sama Tuhan, yang bahkan saya ingkari tepat/ga berapa lama setelah saya buat janji padahal. Misal janji sama Tuhan mau ngerjain TA abis sate pas sate, tapi eh abis sate malah lanjut tidur. Dan janji palsu saya lainnya ke Tuhan. Banyak janji yang saya ingkari. Tapi Dia tetep sabar sabar dan sabar. Huaaaa. Makasi Tuhan.

Nah apakah Tuhan ingkar janji dengan ada kecoa di kamar saya?
Saya mikirnya sih gini:
1. Tuhan mau disangka seolah2 mengingkari janji, supaya saya mau bangun pagi ini. Karena kalo saya ga liat kecoa kebalik itu mungkin saya ogah bangun dan tidur sampe pagi dan ga ngerjain tugas akhir saya. Keren banget Tuhan, mau disalahpahami asal beri yang terbaik untuk anakNya. Puji Tuhan saya udah ga menyalahpahami. Saya bersyukur Tuhan ingetin saya dengan kecoa yang kebalik. Jadi saya ga terlalu gimana. FYI, saat saya nulis ini kecoa itu masih ada di kamar kebalik, dan saya beberapa kali ngecek dia.

2. Hey, saya juga kan berdoa supaya diberi keberanian ma kecoa? Saya juga kadang mikir, salah ga sih berdoa kek supaya gada kecoa di kamar saya? Tapi kan apa yang kita imani, itulah yang terjadi. Sekarang sih kondisi *dia* terbalik jadi Puji Tuhan. Kalo kecoanya ga terbalik gimana? Saya takut saya belum bisa merespon dengan benar. Apa Tuhan mau saya menghadapi kecoa. Ya memang terkadang Tuhan ga ijinin sesuatu terjadi, tapi di sisi lain Tuhan ijinin terjadi supaya kita bisa menghadapinya dan menang dari itu.

Apa saya udah berani kecoa? hmmm ga yakinn,,,kalo saya berdoa, saya tetep bilang, "Tuhan tolong lepaskan aku dari kecoa. Lalukanlah cawan ini. Jangan sampe aku ngadepin kecoa. Aku masih ga mau Tuhan. Tuhan...

Oke segitu aja. Semoga memberkati. Gbu muah muah =D

6 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. astaga kenapa gw klik hapus haha. pokoknya tadi gw ngomen, kalo masi ada kecoa di kamar lo, simpel aja nel, berarti lo mesti bersiin lagi tu kamar. >:D

    BalasHapus
  3. haha...bagus juga analogi lo nel.
    menghadapi problem dengan doa selalu ampuh. Melalui persoalan bersama Tuhan tidak pernah mengecewakan.
    Tetap percaya :)

    Robert

    BalasHapus
  4. kecoanya muncul malahan pas gw udah beres2 kamar sehari sebelomnya tohoo..

    BalasHapus
  5. makasiii robettt...iya sampe kecoa aja didoain...

    BalasHapus
  6. ahhaha ngakak bacanya mengingat masa-masa kita dirumah wkwkwk

    BalasHapus